Cara Install Dan Menambah Google Analytics Di Blogger

Cara Install Dan Menambah Google Analytics Di BloggerGoogle Analytics adalah tool terbaik yang disediakan oleh Google, karena dengan mudah kita dapat melacak dan memeriksa statistik yang akurat dan real time atau nyata dari trafik blog Anda. Dan juga dapat memeriksa tingkat bouncing pada blog Anda, pengunjung unik, tampilan halaman dan juga kunjungan yang datang ke blog, dengan menambahkan Google Analytics di blog Anda. Selain itu, tool ini akan sangat membantu Anda dengan mengetahui apa yang terjadi di blog Anda dan juga perilaku dari pengunjung blog sehingga akan muncul suatu ide atau langkah yang tepat untuk meningkatkan lalu lintas di blog Anda. Ok, setelah Anda mengetahui apa itu Google Analytics, mari kita lanjutkan dengan menginstal atau menambah Google Analytics di blog Anda.

Membuat Akun di Google Analytics

Sebelum Anda menambahkan Google Analytics ke blog Anda, yang harus Anda lakulan pertama kali membuat akun Google Analytics. Langkah-langkahnya sebagai berikut :
  1. Pergi ke Google Analytics
  2. Klik Buat Akun
    Cara Install Dan Menambah Google Analytics Di Blogger
  3. Selanjutnya Login pakai Akun Google atau akun Gmail Anda
  4. Setelah muncul halaman seperti dibawah ini, klik Sign Up atau Pendaftaran
    Cara Install Dan Menambah Google Analytics Di Blogger
  5. Selanjutnya Anda akan diredirect ke halaman berikutnya, pada halaman ini Anda perlu memasukan beberapa informasi untuk profil Anda seperti nama website Anda, URL blog atau website Anda, kategori blog, timezone dan nama untuk akun blog Anda yang akan digunakan di Google Analytics, gunakanlah nama yang mudah untuk mengenali blog Anda.
    Cara Install Dan Menambah Google Analytics Di Blogger
  6. Setelah Anda mengisi semua informasi yang dibutuhkan, Klik tombol Get Tracking ID
  7. Akan muncul jendela baru, klik tombol I Accept atau Saya Setuju untuk menyetujui ketentuan Google Analytics
    Cara Install Dan Menambah Google Analytics Di Blogger
  8. Jika proses diatas berjalan lancar, maka Anda akan mendapatan ID Pelacakan seperti dibawah ini. Copy ID Pelacakan tersebut.
    Cara Install Dan Menambah Google Analytics Di Blogger

Menambahkan Google Analytics ke Blogger

Untuk menambahkan Google Analytics di blog Anda, kita perlu melakukan 2 langkah. Pertama menambah ID Pelacakan di Pengaturan Blogger dan yang kedua menempatkan kode pelacakan pada template blog Anda. berikut langkah-langkahnya.

Menambahkan Google Analytics di Pengaturan Blogger

  1. Login ke Blogger Anda - klik Setelan - dan Pilih Lainnya
  2. Sekarang Anda perhatikan pada kolom Google Analytics - masukan atau salin ID Pelacakan blog Anda pada kolom teks "ID Properti Web Analytics"
  3. Klik tombol Simpan setelan di pojok kanan atas

Menambahkan ID Pelacakan di Template Blogger

  1. Klik Template - Edit HTML - cari </head> gunakan CTRL + F untuk mencari
  2. Setelah Anda menemukan kode diatas salin Script ID Pelacakan (lihat gambar ke-6 di atas yang ditandai dengan nomor 2), salin kode tersebut di atasnya.
  3. Atau bisa dengan cara lain, dengan menambahkan kode include dibawah ini tepat di atas tag </body> :
    <b:include data='blog' name='google-analytics'/>
  4. Langkah terakhir klik Simpan template - selesai !
Setelah Anda menyelesaikan semua langkah instalansi dan menambahkan Google Analytics di blog Anda, dibutuhkan waktu sekitar 24 jam untuk mendapatkan laporan lalu lintas di Google Analytics Anda. Sekian, semoga artikel ini bisa membantu Anda untuk meningkatkan lalu lintas blog anda.

0 Response to "Cara Install Dan Menambah Google Analytics Di Blogger"

Post a Comment

Komentar yang menyertakan iklan, atau titip link, akan dimasukan ke Folder SPAM.

Untuk pertanyaan di luar Topik Artikel silahkan kik OOT (apabila dipertanyakan di sini, mohon maaf apabila tidak dibalas).