Mengenal Google Sandbox dan Solusinya

Mengenal Google Sandbox dan Solusinya

Apa itu Google Sandbox? ~ Google Sandbox merupaka salah satu penalti dari google akibat melakukan tindakan yang tidak disukai oleh google.
Penalti ini paling buruk dibandingkan penalti lain seperti, Google Dance, Google Panda dll. Apabila ada Blog yang terkena penalti google sandbox baik blog maupun artikel yang masih terindex oleh google, namun artikel tersebut yang terkena google sandbox akan hilang di mesin pencari (search engine) google, terkubur di bak pasir.
Google Sandbox ini seperti penyakit menular, bila tidak segera diatasi (artikel yang terkena sandbox) akan menular ke artikel-artikel yang lain.
Blog yang terkena penalti google sandbox sudah dipastikan trafiknya menurun, karena sebagian dari artikel blog tersebut tidak akan muncul di pencarian google.

Google Sandbox Check

Sebelum mengecek artikel mana yang terkena penalti google sanbox, pastikan;
  • Blog anda bukan termasuk blog yang baru, tapi blog yang sudah lama (sudah berumur sebulan ke atas). Karena biasanya blog yang baru artikelnya akan sulit terindex.
  • Bila blog anda tergolong blog baru sudah diprediksikan bahwa artikel anda tidak terjebak ke dalam google sandbox, tetapi karena blog anda yang baru membutuhkan waktu untuk berkenalan dengan Search Engine.
  • Tidak sehabis ganti judul blog dan deskripsi blog. Karena jika blog anda sehabis ganti judul dan ganti deskripsi blog ini juga membutuhkan waktu berkenalan (mengcrawl) dengan blog anda lagi, dan untuk memperbaiki blog anda pada hasil pencarian.
  • Artikel tersebut sudah diterbitkan 2 hari yang lalu.
Jika ketiga sayarat diatas sudah terpenuhi, anda bisa mengecek artikel mana yang masuk ke dalam google sanbox, caranya;
Ketik di pencarian google seperti ini, http://the-anarchyta.blogspot.com/2014/04/mengenal-google-sandbox-dan-solusinya.html.
Masukkan URL postingan anda satu persatu, yang anda dicurigai masuk ke google sandbox.
Jika artikel tersebut muncul di search engine berarti artikel anda lolos dari google sanbox,
jika tidak muncul maka artikel itu masuk ke dalam sandbox Atau bisa masuk ke Google Sandbox Checker. Masukkan;
  • URL Blog anda.
  • Keyword/kata kunci blog anda.
  • Hasil dari angka yang ditampilkan.
  • Klik Submit
Jika pemberitahuannya; Your site in google sandbox Artinya, blog anda tidak masuk ke dalam google sandbox.
Dan jika ada pemberitahuanny kayak dibawah ini Your site is still in google sandbox. Contact support@searchenginegenie. com to get you out of sandbox Artinya, blog anda sedang berada ke dalam google sandbox. Itulah cara untuk mengecek artikel yang terkena sandbox. Penyebab Penalti Google Sanbox Adapun penyebab terkenal penalty dari Google berupa google sandbox antra lain;
  • Over optimasi - Untuk yang ingin meningkatkan jumlah pengunjung biasanya melakukan berbagai optimasi berlebih , yang dapat menggangu google Banklink yang tidak wajar.
  • Artikel Copas
  • Artikel Duplicate content
  • Artikel yang terdapat link rusak
Itulah cara mengetahui penyebab terkena penalty google sandbox.

Solusi Keluar dari Google Sandbox

Bagi anda yang blognya terkena penalti google sandbox tak perlu cemas atau panik, masih bisa diselamatkan, caranya;
  • Hentikan teknik SEO yang berlebihan.
  • Jangan mencari backlink yang berlebihan Carilah backlink yang pageranknya lebih tinggi. Ini bisa menolog artikel anda yang terkena google sandbox.
  • Memodifikasi artikel yang terkena sandbox, tidak perlu semua yang penting agak berbeda gitu. Plus saya beri link ke google search baik search di google.co.id maupun google.com.
  • Bila google sandbox pada artikel yang terdapat link rusak/ broken link, perbaiki linknya atau arahkan pada situs yang sehat/permanen
  • Submit ulang sitemap blog untuk menarik perhatian Empu google.
  •  Melakukan Reconsideration Request di Google Webmaster.
Itulah sedikit cara yg pernah saya lakukan untuk keluar dari Google Sandbox, mudah mudahan dengan cara tersebut dapat menolong post yang terkena google sandbox. Semoga bermanfaat..

3 Responses to "Mengenal Google Sandbox dan Solusinya"

  1. bisa langsung di tes nih caranya
    makasih ya

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. Mampus loe makannya jangan berlebihan

    ReplyDelete

Komentar yang menyertakan iklan, atau titip link, akan dimasukan ke Folder SPAM.

Untuk pertanyaan di luar Topik Artikel silahkan kik OOT (apabila dipertanyakan di sini, mohon maaf apabila tidak dibalas).